Sabtu, 24 Januari 2015

Stopmotion? Yuk!

Bangun pagi itu selalu indah. Kenapa indah? Karena kita akan bersyukur telah dipertemukan lagi dengan pagi. Alhamduuu? lilah. Udah bangun sepagi ini jadi mikir enaknya ngapain, yah? Apalagi di hari Minggu. Jogging? Ah, mendung. (Padahal mah males) hahaha, yaudah deh jadinya ngeblog, itung - itung biar gak dilupain aja gitu sama si belog (baca; blog). Daaan, kali ini gue mau sedikit share aja tentang STOPMOTION. Boleh searching dulu deh..... Ketemu? Nah itu dia STOPMOTION.

Buat bikin Stopmotion alias gambar gerak, yang pertama emang harus ada NIAT nya. Kenapa? Karena kalo ada niat, semuanya insyaALLAH akan dilancarkan. Kecuali niat jahat, sih. Urusannya sama Malaikat Atid. Balik lagi ke Stopmotion... Oke, setelah udah punya niat buat bikin Stopmotion, kita harus punya KONSEP nya. Mau bikin Stopmotion buat apa? Kayak gimana? Contoh, kalo mau bikin Stopmotion Failed Anniversary, konsepnya itu harus ada hati yang retak kayaknya ya? Atau muka mantan sama pacar barunya tapi dibolongin? Serem amat, ya. Pokoknya harus punya konsep! Karena konsep bisa memudahkan kita untuk melakukan tahap selanjutnya yaitu bikin ALUR. Kok pake alur segala? Iya, kalo uda punya alur, nanti pas proses produksi akan lebih gampang. Kalo gue, biasanya bikin alur di kertas coret - coretan gitu. Mirip lah kayak storyboard dikit. Tapi kalo buat Stopmotion, selain buat alur, storyboard tersebut juga buat pedoman kita perihal gambar apa aja yang bakal lo masukin di video nanti. Stopmotion itu kan banyak jenisnya, kalo gak percaya tanya aja gugel. Nah, gue biasanya bikin Stopmotion yang Objek Animation (Pake benda - benda) sama Graphic Animation (Pake gambar).

Asiknya bikin Stopmotion itu, peralatan yang diperluin gak terlalu ribet. Buat objek, lo bisa milih benda apapun yang emang perlu ada buat konsep lo. Buat gambar, lo paling cuma perlu karton, pensil, penghapus, spidol, penggaris, gunting, golok, obor, tanah merah (3 yang terakhir itu mungkin diperluin kalo pas lo bikin Stopmotion ada mantan lo sama pacar barunya lagi suap - suapan).  Kira - kira begini nih langkah - langkahnya kalo lo uda punya konsep... (Contoh; stopmotion gue tentang skripsi)


1. Siapin Peralatan Pra-Tempur; Karena kali ini mau bikin Stopmotiion gambar, jadi siapin peralatan yang dibutuhin. Kalo udah ada semua, lo bisa mulai gambar - gambar deh. Konsep Stopmotion gue SKRIPSI (Harus dicapslock emang!), lebih jelasnya gue yang lagi skripsian dari pagi sampe malem gitu (pret!). Alurnya, gue ngetik skripsi dari tengah malam sampe ketemu sore dan perbandingan waktu itu gue buat dengan gambar jam dinding dan latar waktu yang gue gambar. Nih gue kasih liat gambarnya...




Namanya SKRIPSI, jadi harus ada laptop dong. Kenapa laptopnya bolong? Itu buat nanti dipake untuk bagian yang jadi Ms. Wordnya. Ada juga buku, jam dinding, jendela dengan latar waktu malam hari, printilan gambar (gambar kecil - kecilnya kayak cemilan, wifi portable, hp) ini juga bagian dari SKRIPSI loh jangan salah. Oh iya, buat gambar yang prosesnya dilakukan berkali - kali, gambarnya juga harus berkali - kali. Contohnya buat bagian MS. Word, gue pake 20 gambar kertas karton. Oke, kalo udah siap gambarnya dan diguntingin, selanjutnya?

2. Saatnya tempur!

  • Kamera (Ini paling penting sih. Kalo gak ada kamera ya wasalam)
  • Tripod (Buat penyanggah, karena akan lebih bagus kalo kamera itu still. Atau diam di tempat) kalo gak punya tripod, ya bisa lah diakalin dengan penggaris atau buku, tapi itu kalo lo make hp bikinnya. Kalo gue pake kamera, jadi harus pake tripod sebagai penahannya
  • Lampu (Pencahayaan, bikinnya gak mungkin sejam dua jam, jadi supaya cahaya gambar gak beda - beda, pake lampu aja. Lampu belajar ya jangan lampu taman)
  • Tatakan (Ya apa aja sih yang penting ada spot buat latar stopmotion lo, gue pake karton yang ditaro diatas meja belajar)


Udah siap semuanya? Mulai deh, lo jepret satu per satu sesuai dengan alur yang udah lo buat. Hahahaha, iya ini emang sih yang paling menggemaskan bikin stopmotion. Lo harus berkali - kali jeprat jepret, dan sekaliiiii aja salah, kadang bisa bikin mau gigit batu bata. Dari stopmotion Skripsi gue, total hasil jepretan itu ada 175 an foto untuk durasi 15 detik. Biasanya gue share ke instagram, jadi durasinya 15 detik. Gini nih penampakan hasil jepretan menggemaskan itu....



Hahahaha, menggemaskan. Kalo di scroll up sama scroll down, itu masih ada beberapa deret lagi. :')))) buat 15 detik doang. Emang sih, gak kayak masternya Stopmotion mungking yang udah ngelewatin tingkat kesulitan bermacam - macam. Sebagai pemula, ini emang menggemaskan. :)) lanjut lagiiii.... karena gue pake kamera slr, jadinya gue pada tahap selanjutnya dengan mengcopy seluruh jepretannya ke laptop. Gemassss. Gue lebih tertarik pake kamera slr dibanding hp, karena nyaman aja sih. Hehehehe kalo udah nyaman kan susah berpaling. Hehehehe. Kalo tahap ini selesai, maju deh ke tahap pasca produksi.

3. Editing ting ting...

Yap, Alhamdulilah. Tahap ini lebih lega sedikit deh. Gue pake aplikasi Movie Maker buat ngeditnya, simple aja kok. cukup ngegabungin semua hasil jepretan lo aja. Terus tambahin lagu yang sesuai deh. Save dan selesai! Eits, tapi buat mindahin ke hp, gue biasanya ganti formatnya dulu. Dan... share ke instagram. Hasil jadinya begini teman - teman yang baru aja gue upload ke youtube...


Begitu kira - kira stopmotion sederhana gue tentang SKRIPSI... emang masih banyak banget kurangnya, disini gue cuma mau share aja kalo bikin stopmotion kalian harus punya NIAT. Jadi, jangan bandingin sama Rachel Ryle, Khoa, Aulion, Pinot atau siapa aja deh yang masternya stopmotion. :p Dan rasanya video ini selesai itu Alhamdluillah banget. Banget. Selama mau coba pasti bisa kok! Tadinya gue juga pesimis karena gue gak bisa gambar, tapi lama - lama gue biasain buat gambar sesuatu sampe akhirnya hasilnya cukup memuaskan lah buat pemula kayak gue. Hehehe

Nb: Cara yang gue pake itu emang agak ribet, di hp uda banyak aplikasinya kayak flipagram, iMotion hd, stopmotion dll. Mungkin itu bisa lebih memudahkan kalian yang gak suka ribet - ribet. Hehehe


"Apapun yang berasal dari niat di hati, dilakukan dengan senang hati, insyaALLAH hasilnya akan memuaskan hati."





Tidak ada komentar:

Posting Komentar