Jumat, 23 Januari 2015

PDKT sama Dunia FTV

Hayaw. Setiap nulis diblog, harus dibuka dengan skripsi. Sampe gue kelar pokoknya mah! Iya, skripsi gue masih berjalan kok intinya mah. Pelan - pelan yang penting mah sampeeeee deh. Ngomong - ngomong, awal tahun 2015 kemarin tuh gue bikin resolusi. Ya, paling pertama sih bahagian bokap nyokap gue, keduanya skripsi dan ketiganya gue harus bikin karya lah. Seengganya, itu karya bisa dipublikasikan. Apapun itu. Buku? Iya, gue sih masih nulis dan kali ini berusaha biar tembus ke penerbit besar. Jadi, gak cuma penerbit online kayak buku pertama gue yang timbul terus tenggelem deh sekarang. Hahaha :)) Tapi kalo buat buku itu prosesnya panjang banget kan, jadi gue cari - cari deh hal baru biar bisa berkarya. Bermula dari liat di twitter ada salah satu stasiun tv menawarkan siapapun yang punya cerita menarik kirim ke redaksinya untuk dijadiin FTV. Tau kan FTV? Iya, yang happy ending mulu itu. Iya, yang supir bisa jadi pacar, tukang siomay ternyata konglomerat, cewek gaul pacaran sama cowok cupu. Ya pokoknya itu lah. Nah, karena itu gue jadi tertarik. Mau coba ah! Setelah gue telusuri, ternyata susah juga karena ngirim email berkali - kali malah failed mulu ke redaksi stasiun tv itu. Akhirnya gue cari cara lain aja deh.....

Cara lain itu, gue ke sebuah benda yang serba tau, bukan benda deng, apa ya? Mesin mungkin. Panggilan akrabnya sih gugle (baca; google). Gue search deh tuh apapun tentang penulisan FTV. Sampe akhirnya gue nemu blog seorang penulis sinopsis FTV kondang - karena sinopsis yang dibuat udah banyak yang tembus dan ditayangkan. Mau tau? Namanya Feby Andriawan (Kafeb) dalam blog beliau (tua amat kesannya ya?) maksud gue, dalam blognya Kafeb, gue nemuin banyak banget ilmu termasuk cara - cara nulis sinopsis FTV. Gak sampe disitu, gue pun follow twitternya. And you know? Gue langsung di follback! WOW! Sekali lagi, WOW! Gimana gak sumringah kan? Di follback Kafeb, sang penulis sinopsis FTV kondang. Terus gue beraniin diri deh, mention Kafeb di twitter. Gak kok bukan modus. Nanya aja gitu caranya ngirim sinopsis FTV. Gak butuh waktu lama buat dibales sama doi loh. Beberapa saat kemudian tab messages twitter gue nyala dan itu dari Kafeb. Dia bilang kalo ada yang mau ditanya lewat DM atau add bbmnya aja atau langsung ke email Pak Puguh Admaja (Bapak keren yang satu ini juga bakal gue ceritain kok). Wah, langsung aja gue add bbmnya Kafeb. Gue nanya banyak hal, panjang kali lebar tambah luas bagi tinggi! Awalnya bingung mau manggil apa, Kakak? Om? Abang? Mas? Bapak? Karena orangnya supel bingit, akhirnya gue manggil Kakak (Kafeb). Semua pertanyaan gue dijawab dengan baik, sob. Sampe - sampe dia mau ngasih emailnya Pak Puguh (Kafeb ngirim sinopsisnya ke beliau). Oke deh, gue coba kirim beberapa sinopsis dan email ke Pak Puguh.

Ngeliat banyaknya FTV yang ada di stasiun tv Indonesia, gue mikir dong, pasti banyak juga yang kirim cerita - cerita hebatnya. Pesimis banget gue jadinya. Apalagi sinopsis yang gue email ke Mas Puguh, gak ada balesan. Oh iya, Mas Puguh P. S. Admaja ini penulis juga. Sebelum tau dari Kafeb, gue udah tau duluan nama beliau dari poster film Salah Bodi. Dan karena informasi dari Kafeb, gue makin lebih tau kalo Mas Puguh ini penulis skenario Film dan FTV juga. Waduh! Makin drop lah gue. Kenapa drop? Yaiyalah! Sama aja gue ngirim email langsung ke penulis skenario film dong. Udah lemes aja gue, berarti sinopsis gue dibaca sama penulis skenario langsung dong. Ah, mana gue ini baru banget nyoba nulis sinopsis. Tapi gue berusaha nenangin diri gue sendiri dan harus tetap optimis. Singkat cerita, email gue ternyata dibales sama Mas Puguh! WAAAAH! Seneng banget banget! Ya.... walaupun isi emailnya kalo sinopsis gue itu belom layak. Hahahaha, drop se-drop-dropnya orang drop. Yang bikin ilang drop gue, di akhir email gue, Mas Puguh ada pesan kecil yang intinya kalo mau terus berusaha pasti bisa. Beliau pun ngasih gue apa aja yang penting untuk nulis sinopsis FTV. Oke! Gue bakal coba! Tapi, gue masih perlu dibimbing sih. Akhirnya gue nanya lagi ke Kafeb. Emang butuh ekstra sabar. Doi aja senior harus nunggu berbulan - bulan biar bisa di acc. Berarti gue harus lebih sabar dari Kafeb. Gue pun beraniin diri lagi, buat minta kontaknya Mas Puguh setelah gue follow twitternya. Beliau juga baik banget, sama kayak Kafeb, gue langsung dikasih kontaknya. Dari situ gue nanya banyak deh sama Mas Puguh.

Dan sampe sekarang ini, gue masih berusaha buat bikin sinopsis FTV. Gue kira, cerita FTV itu ya gampang, happy ending lah intinya. Ternyata engga sob! Harus bener - bener bisa bikin cerita yang menarik. Ya pokoknya, gak segampang yang kita pikir lah. Gue sih tadinya bingung, soalnya banyak FTV di stasiun tv kita yang menuai komentar macem - macem. Gue rasa mereka gak pernah ngerasain gimana revisi sinopsis berkali - kali, ditolak, disuruh ganti sesuai keinginan pihak stasiun tv. Tapi, setelah gue tau dari Kafeb dan Mas Puguh, semuanya gak semudah kita bisa ngomentarin ini itu. Cerita itu dateng dari ide yang harus benar - benar dahsyat. Bukan ide doang, bahkan kita harus kembangin itu sampe akhirnya pihak stasiun tv anggap layak. Dari sini gue dapet banyak banget pengetahuan, terutama untuk menghargai karya seseorang. Apalagi karya itu adalah karya anak negeri kita sendiri.

Ya, kira - kira begituuuuu ceritanya. Amat sangat berterima kasih bisa kenal orang - orang hebat dan keren itu. Disini, gue pun masih berusaha. Mangats! Mohon doanya :))


"Lebih baik berpikir untuk menciptakan sesuatu yang baru. Daripada berpikir atau mencibir untuk mennjatuhkan sesuatu yang telah ada."

2 komentar:

  1. Kakkk, salam kenal sebelumnyaaaa~
    Aku juga menggeluti kegiatan yang menyenangkan tapi cukup menguras otak ini. Hehe
    Sudah dari bulan September sih tapi belum ada satupun yang nembus. Wahhh selamat yaaa... Keep writing! Bagi ilmunya dong, kak. Bagi follback twittr, instagram, dll juga :p

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga, ya.
    Kalo ilmu kita bisa dapet darimana aja kok, saya sendiri juga masih belajar. :) yang penting harus usaha terus! Semangat ya! Siap nanti di follback.
    Makasih yaaa ((:

    BalasHapus