Sabtu, 31 Januari 2015

Kehilangan Yang Baik

Buka mata di Minggu pagi kali ini, disambut dengan hujan. Ngerevisi skripsi lagi dan lagi. Kali ini berjalan cukup baik skripsinya, cuma emang perlu waktu lagi dan semoga itu bisa dipercepat. Karena udah waktunya gue nuntasin kuliah gue, biar cepet dapet jodoh  hahaha, gak deng, dapet kerja dulu terutama. Sambil nikmatin hujan, udara pagi dan tentunya bersama Mama dan Papa lagi, gak tau kenapa selalu bersyukur. Kesederhanaan yang amat sangat nyaman buat gue. Dan percaya atau engga, itu bener - bener gue rasain dan sadarin setelah ada banyaknya masalah yang bertubi - tubi dateng di hidup gue. Pada dasarnya, gue seneng punya banyak temen. Gue selalu berusaha bikin mereka tetep ada di hidup gue, apapun yang gue bisa bantu selama gue masih bisa lakuin ya pasti gue lakuin. Tapi namanya manusia juga kan gak ada yang sempurna, toh? Kembali lagi ke kekurangan masing - masing. Dan disini, kita bakal paham tentang penerimaan. Ya singkatnya sih, apa yang lo lakuin dan gimana efeknya di dalam hidup lo, ya itu lah yang bakal lo terima. Iya gak?

Sebagai manusia, kehilangan itu emang gak enak. Tapi kehilangan juga ngajarin kita tentang banyak hal. Kehilangan juga sebenernya nunjukkin kalo kita gak terlalu baik menjaga apa yang udah kita miliki. Gak peduli sebesar apa usaha kita buat bikin sesuatu atau seseorang itu bertahan dalam hidup kita, selalu ada kemungkinan - kemungkinan yang akan membuat mereka menghilang. Awal kehilangan, kita mungkin akan coba nerima semuanya atau menganggap mungkin semuanya yang terbaik. Mungkin kita yang gak cukup baik, atau mungkin mereka. Lalu, kita pasti akan coba merelakan. Salah satu yang tertanam di dalam benak gue ketika gue kehilangan sekumpulan orang - orang itu adalah... mungkin akan lebih baik dan bahagia buat mereka kalo gue gak berada disana. Yap, dengan begitu kita bakal selalu nahan diri untuk menghilangkan keinginan buat berbaur lagi. Semakin lama, kita bakal punya rasa mau berada di sekeliling mereka lagi. Kita selalu ngebayangin pas ketawa bareng, ngetawain orang bareng - bareng, hal konyol, apapun itu lah yang ngebawa kita lagi ke mereka. Walaupun, kita sendiri ngerasa emang gak pantes lagi. Emang sih, dari sekian banyaknya, masih ada beberapa yang bersikap dan nunjukkin kalo kita masih bisa diterima. Tapi itu gak cukup. Terlalu malu buat nyadarinnya. Dengan begitu pun kita harus tetap bersyukur, apa yang kita pikirin gak selalu sama dengan apa yang bakal kita hadapi nanti. Karena ketakutan yang sebenarnya adalah.... kita takut mereka gak akan sama lagi. Meskipun emang itu lah resikonya.

Terus, sampe kapan bisa nahan diri? Gak ada yang tau. Yang jelas dan yang penting, sekumpulan itu bahagia. Karena kebahagiaan mereka adalah hal yang selalu gue usahain dari dulu. Iya, sekumpulan. Gak cuma satu, dua, tiga, empat.



Jaga baik - baik apa yang kamu punya, apa yang sudah ada. Sebab, saat kamu merasakan kehilangan. Kamu akan mengerti bagaimana rasanya hampa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar